HASIL SURVEY NASIONAL PENGALAMAN HIDUP ANAK DAN REMAJA 2018

FAKTA KEKERASAN TERHADAP ANAK : 2 DARI 3 ANAK DAN REMAJA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI INDONESIA PERNAH MENGALAMI KEKERASAN SEPANJANG HIDUPNYA

Sahabat perempuan dan anak, hasil dari Survey Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja yang dilakukan Kemen PPPA Tahun 2018 menunjukkan bahwa 1 dari 17 anak laki-laki dan 1 dari 11 anak perempuan pernah mengalami kekerasan seksual. 1 dari 2 anak laki-laki dan 3 dari 5 anak perempuan pernah mengalami kekerasan emosional. Dan 1 dari 3 anak laki-laki dan 1 dari 5 anak perempuan mengalami kekerasan fisik. Dapat disimpulkan bahwa 2 dari 3 anak dan remaja perempuan dan laki-laki di Indonesia pernah mengalami kekerasan sepanjang hidupnya.
Ternyata, anak tidak hanya menjadi korban kekerasan, tapi juga menjadi pelaku kekerasan. Faktanya, 3 dari 4 anak melaporkan bahwa pelaku kekerasan emosional adalah teman atau sebayanya termasuk pada kekerasan fisik. Bahkan, pelaku kekerasan seksual baik kontak ataupun non kontak paling banyak dilaporkan adalah teman atau sebayanya (47%-73%) dan sekitar 12%-29% pacar menjadi pelaku kekerasan seksual.
Hal ini menunjukkan bahwa kekerasan terhadap anak masuk dalam daftar kejahatan luar biasa atau extraordinary crime. Kejahatan ini tidak mungkin bisa diselesaikan tanpa adanya kerjasama seluruh pemangku kepentingan, baik antar Kementerian/Lembaga, Aparat Penegak Hukum, Masyarakat termasuk Keluarga.
Semua pihak harus mengambil peran terhadap upaya perlindungan anak, khususnya mencegah agar anak-anak tersebut tidak menjadi korban maupun pelaku tindak kekerasan.

Jakarta, 7 Mei 2019
Oleh : Yohana Susana Yembise

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*