Bupati – Wakil Bupati Buka Festival Lihaga

10301073_10201531540200027_1520340920599411811_nMINAHASA Utara (Minut)  terus membuktikan diri sebagai daerah tujuan pariwisata dunia. Berbagai iven pariwisata silih berganti digelar. Kali ini yang digelar yakni Festival Lihaga 2014. Festival yang digelar di La Merry Resort   Desa Tarabitan Kecamatan Likupang Barat, di buka Bupati Drs Sompie SF Singal MBA bersama Wakil Bupati Yulisa Baramuli SH, Kamis 24 April 2014. Dalam acara tersebut, digelar lomba pacu Perahu Katinting dengan rute Pulau Lihaga-La Merry Resort, dengan jarak sekitar 2 kilometer.

Festival Lihaga sendiri diambil dari nama sebuah pulau indah yakni Pulau Lihaga. Posisinya bersebelahan denganPulau Gangga yang kesohor sampai  manca negara. Pulau Lihaga tersebut keindahan dengan hamparan pasir putih  dan terumbu karang nan indah. Namun sayang, pulau tersebut tidak berpenghuni.

Pembukaan Festival Lihaga  dirangkaikan dengan lomba pacu perahu Ketinting Papan dan Tripleks. Perahu Ketinting di lepas dari Pulau Lihaga dan finish di depan La Merry Resort milik Irwan Baramuli dan Merry Polii. Puluhan perahu ketinting papan maupun tripleks saling beradu cepat untuk meraih garis finish. Cuaca cerah dan berangin, membuat pesta saling menunjukkan keahlian dan kecepatan mesin perahu. Peserta yang finish pertama sampai ketiga mendapatkan hadiah piala, uang dan mesin Katinting dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Yulisa Baramuli dan Irwan Baramuli. Selain lomba Perahu Ketinting, ada kegiatan bakar ikan sepanjang  500 meter, di sepanjang pantai La Merry Resort. Selain lomba pacu perahu Katinting dan bakar ikan, akan ada juga digelar lomba Masamper dan perahu hias, 7 Mei 2014 mendatang.

Menurut Bupati Drs Sompie SF Singal MBA, iven ini memang digelar, sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam bidang pariwisata. Minut sebagai daerah tujuan pariwisata dunia 2015, mulai saat harus berbenah serta menyiapkan diri. Bukan hanya itu saja. Minut harus menyiapkan infrastruktur wisata maupun pola pikir masyarakat yang mencintai wisata itu sendiri. “Semua pihak harus berbenah dan satu visi untuk memajukan pariwisata Minahasa Utara,” kata Singal.

Wakil Bupati Yulisa Baramuli SH terpisah mengatakan, berterima kasih kepada masyarakat yang telah satu visi dan mendukung kegiatan pariwisata. Minahasa Utara dikenal tentunya karena sumber daya manusia maupun keindahan pesona alam.  Pariwisata yang baik, sudah pasti akan dikenal dan akan mendatangkan devisa bagi daerah. Minahasa Utara sendiri memiliki banyak kekayaan dan pesona alam yang tak kalah dengan daerah lain. Pantai di Minahasa Utara banyak yang indah, dan perlu dikembangkan lagi. “Minahasa Utara akan dikenal di manca negara, tentunya salah satunya dengan keindahan alam,” kata Yulisa.

Hadir dalam acara pembukaan festival yakni Ketua TP PKK Minahasa Utara Ny Altje Singal Polii SH MSi, pemilik La merry Resort Irwan Baramuli dan Lisa  Polii, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, Kapolsek Likupang, Hukum Tua se Kecamatan Likupang Barat dan masyarakat di desa-desa Kecamatan Likupang   Barat.(*)

Komentar yang mengikutsertakan alamat web dan/atau alamat email tambahan akan menyebabkan komentar anda tidak dapat ditampilkan secara otomatis. Please, Stop SPAM..!
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. semoga wacana diatas bisa menambah wawasan anak bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*