Bupati Hadiri Pengukuhan PJTM

Bupati Sompie Singal bersama PJTM dan kepala SKPD.

Bupati Sompie Singal bersama PJTM dan para kepala SKPD.

BUPATI Drs Sompie SF Singal MBA, menghadiri pengukuhan Persatuan Jurnalis Tumatenden Minahasa Utara (PJTM) di Aula Kolam Pemandian 9 Pancuran Tumantenden Airmadidi Bawah, Jumat 24 Mei 2014. Pengukuhan asosiasi jurnalis tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD), Camat Airmadidi dan lainnya.

Bupati Drs Sompie SF Singal MBA memberikan apresiasi terhadap organisasi pers yang ada di Minahasa Utara. Bupati juga mendukung adanya organisasi pers sebagai organsiasi independen kumpulan para jurnalis, untuk melakukan pengontrolan terhadap kinerja pemerintah. Kinerja pemerintah tersebut antara lain, pelayanan publik secara optimal, transparansi dalam layanan¬† serta akuntabilitas kinerja pemerintah. “Selamat atas terbentuknya organisasi ini, sebagai wadah kumpulan para jurnalis di Minahasa Utara,” kata Singal.

Bupati juga menjunjung tinggi kerja pers yang tentunya mengedepankan kepentingan umum. Dilanjutkannya, tugas jurnalis adalah tugas mencari kebenaran, independen terhadap objek liputan, sebagai independen pemantau kinerja pemerintah, menampilkan karya jurnalis yang profesional, proporsional dan komprehensif. Dilanjutkannya, pekerjaan jurnalis adalah pekerjaan disiplin dalam melakukan verfikasi maupun klarifikasi, artinya informasi diterbitkan benar-benar kaya dengan klarifikasi yang berimbang. “Informasi berita adalah hasil karya jurnalis yang sudah sesuai dengan fakta dan data, bukan opini dan asumsi. Data juga adalah data yang akurat, data yang sudah dicek dan recek kebernarannya,” kata Singal.

Ditambahkannya, pers yang sejati adalah pers yang mengedepankan kepentingan umum, dan menghasilkan karya berita yang berimbang, bukan berita memprovokasi maupun berita mengandung isu SARA. Pers memiliki tugas mulia, sebagai pilar mengontrol, dan memberikan edukasi maupun hiburan kepada publik. “Disampaikan banyak selamat kepada pengurus, dan silahkan kontrol kinerja pemerintah, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik serta transparan,” kata Singal.

PJTM yang dikukuhkan yakni Ketua John Simbuang dan Sekretaris Simon Gesimaking serta para jurnalis yang melakukan peliputan di Minahasa Utara.(*)

 

 

Tags: 
Komentar yang mengikutsertakan alamat web dan/atau alamat email tambahan akan menyebabkan komentar anda tidak dapat ditampilkan secara otomatis. Please, Stop SPAM..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*